Baju Umroh Untuk Perempuan Berikut Kriterianya

Baju umroh untuk perempuan – Menjadi hal yang menyenangkan jika diberi kesempatan untuk dapat menjalankan ibadah secara langsung di tanah suci Mekkah. Pergi haji merupakan salah satu hal yang terdapat dalam rukun Islam. Akan tetapi, tidak semua orang mampu untuk melaksanakan ibadah haji.

Oleh karena itu, banyak orang yang cenderung memilih ibadah umroh sebagai alternatif lain agar tetap dapat menjalankan rukun Islam kelima tersebut. Selain itu, untuk bisa berangkat ke tanah suci menjalankan ibadah haji juga memerlukan waktu menunggu yang sangat panjang. Hal ini dikarenakan banyaknya calon jamaah yang mendaftarkan dirinya untuk pergi haji, sedangkan kuota yang ditetapkan terbatas.

Sebelum menuju hari keberangkatan ke tanah suci, tentu saja harus dilakukan sejumlah persiapan agar tidak ada barang atau peralatan lain yang tertinggal.

Biasanya persiapan membutuhkan waktu khusus dirasakan oleh jamaah umroh perempuan karena mereka harus memastikan barang-barang yang wajib dibawa tidak ada yang tertinggal. Salah satu yang menjadi perhatian bagi jamaah perempuan adalah baju umroh. Untuk itu berikut ini adalah kriteria baju umroh untuk perempuan.

7 Kriteria Baju Umroh Untuk Perempuan

Baju Umroh Untuk Perempuan
  • Menutupi Aurat

Sudah sangat jelas jika Anda diwajibkan untuk menutup aurat selama berada di tanah suci. Oleh karena itu, pastikan jika baju umroh yang Anda bawa sudah menutup aurat dengan baik dan tidak terlalu ketat.

  • Tidak mencolok

Selama berada di tanah suci, Anda disarankan untuk tidak menggunakan baju dengan warna yang mencolok. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika Anda menggunakan baju dengan warna-warna netral selama berada di tanah suci, seperti baju dengan warna hitam, putih atau cokelat. Warna-warna tersebut sangat cocok untuk dipakai selama menjalankan ibadah umroh.

  • Tidak Bermotif

Sebenarnya tidak masalah jika baju yang Anda kenakan memiliki motif. Akan tetapi, pastikan motif pada baju Anda tidak memancing perhatian orang lain. Oleh karena itu, lebih baik jika Anda menggunakan baju umroh yang polos.

  • Gamis Putih

Jamaah umroh perempuan tidak memiliki kriteria pakaiann khusus untuk umroh seperti yang dimiliki oleh jamaah umroh laki-laki. Maka dari itu, Anda dapat mengenakan gamis berwarna putih polos untuk dipakai selama menjalankan ibadah umroh sebagai ihram.

  • Sederhana

Baju umroh sederhana yang dimaksud adalah tidak banyak memiliki hiasan-hiasan tertentu pada baju yang dikenakan. Selain itu, model baju umroh juga tidak berlebihan. Hal ini karena niat Anda di tanah suci adalah untuk menjalankan ibadah umroh, bukannya sebagai ajang pamer baju.

  • Memiliki Bahan yang Nyaman

Bahan baju umroh yang Anda kenakan menjadi kriteria yang paling penting yang harus Anda perhatikan. Kondisi cuaca di tanah suci yang panas, berdebu, dan kering membuat Anda diharuskan untuk memakai baju yang mampu menyerap keringat dan juga nyaman ketika dipakai. Jangan sampai baju yang Anda kenakan nantinya justru menghambat ibadah umroh yang Anda jalani.

  • Gunakan Kerudung Instan

Biasanya para jamaah perempuan cenderung menggunakan hal-hal yang dirasa praktis selama menjalankan umroh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memakai kerudung instan yang dalam penggunaannya tidak perlu menggunakan jarum. Dengan begitu, Anda tidak perlu direpotkan dengan urusan kerudung dan akan fokus pada ibadah umroh saja.

Itulah tujuh kriteria baju umroh untuk perempuan yang harus Anda perhatikan. Anda bisa mendapatkan baju umroh yang sesuai dengan kriteria di toko perlengkapan haji dan umroh terdekat di wilayah Anda.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.