Baju Haji Pria Yang Harus Disiapkan Sebelum Berangkat Ibadah

Baju Haji Pria – Pergi haji adalah keinginan bagi hampir seluruh umat muslim di dunia. Hal ini karena pergi haji merupakan rukun Islam yang kelima. Oleh karena itu, banyak orang yang berbondong-bondong mendaftarkan dirinya untuk menjadi jamaah haji melalui biro travel haji dan umroh yang saat ini telah banyak didirikan.

Meskipun untuk dapat berangkat haji membutuhkan waktu menunggu yang sangat lama, akan tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat para calon jamaah untuk dapat melaksanakan ibadah haji dan pergi ke tanah suci. Bahkan tidak sedikit dari jamaaah tersebut yang berusia lanjut, namun kembali lagi jika usia tidak menjadi penghalang untuk dapat pergi beribada ke tanah suci.

Baju Haji Pria

Jika Anda adalah orang beruntung yang dalam waktu dekat akan pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji, maka Anda harus melakukan sejumlah persiapan guna meminimalisir perlengkapan yang tertinggal.

Persiapan ini wajib dilakukan oleh setiap jamaah haji yang akan berangkat untuk memastikan jika seluruh perlengkapan yang dibutuhkan telah ada di dalam koper Anda. Meskipun tidak memiliki persiapan yang lebih ribet dibandingkan jamaah perempuan, akan tetapi jamaah pria juga tetap harus melakukan persiapan. Adapun berikut ini adalah perlengkapan haji yang harus dipersiapkan oleh jamaah pria.

Perlengkapan Baju Haji Pria Yang Harus Disiapkan

  1. Kain Ihram
Pakaian Ihram

Kain ihram menjadi baju yang paling penting untuk disiapkan karena merupakan pakaian utama yang wajib digunakan selama menjalani ibadah umroh. Untuk memastikan agar kain ihram yang digunakan bersih dan tidak mengandung najis, maka disarankan untuk membawa kain ihram cadangan. Kain ihram ini merupakan baju haji pria yang paling utama.

  • Pakaian Ganti

Selain kain ihram, Anda juga harus menyiapkan pakaian ganti yang dipakai ketika melaksanakan sholat ataupun saat jalan-jalan. Bawalah pakaian yang secukupnya dan tidak berlebihan. Selain itu, pastikan jika pakaian ganti yang Anda bawa mampu menyerap keringat mengingat cuaca di tanah suci yang sangat panas.

  • Celana

Sangat tidak disarankan bagi jamaah pria untuk membawa celana berbahan jeans. Selain terlalu memakan bagasi, celana berbahan jeans juga tidak nyaman dipakai di cuaca yang panas. Pilihlah celana dengan bahan katun yang mampu menyerap keringat dengan baik dan nyaman dipakai.

  • Perlengkapan Mandi

Meskipun ada beberapa hotel yang menyediakan perlengkapan mandi, akan tetapi tidak ada salahnya jika Anda membawa perlengkapan mandi pribadi Anda. Hal ini diperlukan mengingat tidak semua orang cocok dengan produk-produk tertentu.

Oleh karena itu, untuk meminimalisir hal tersebut, akan lebih baik jika Anda membawanya sendiri.

  • Obat-Obatan Pribadi

Jika Anda memiliki riwayat penyakit tertentu atau sedang dalam pengawasan dokter, maka sangat diwajibkan untuk membawa obat-obatan pribadi agar jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, Anda dapat langsung melakukan penangan pertama.

Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk membawa obat-obatan umum, seperti obat masuk angina, obat sakit kepala, obat magh, obat merah, plester, minyak angin, dan sebagainya.

  • Kacamata Hitam

Kondisi cuaca di Mekkah sangat panas dan berdebu. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk membawa kacamata hitam. Benda ini berguna untuk menghalau sinar matahari sehingga tidak langsung terkena mata Anda. Selain itu, kacamata hitam juga berfungsi agar mata Anda tidak kemasukan debu yang beterbangan.

Keenam hal tadi adalah perlengkapan yang harus Anda persiapan. Untuk baju haji pria yang harus dibawa, Anda dapat membelinya di toko perlengkapan haji dan umroh terdekat yang ada di kota Anda.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.