Pakaian Haji Laki Laki Untuk Ibadah Yang Nyaman

Pakaian Haji Laki Laki – Bagi umat muslim ibadah haji adalah salah satu rukun islam yang wajib dikerjakan bagi mereka yang memiliki kemampuan. Kemampuan ini bisa dilihat dari segi materi maupun dari segi kondisi tubuh untuk bisa melaksanakan rangkaiannya. Ibadah haji merupakan ibadah yang dilaksanakan pada waktu khusus di Baitullah.

Ibadah ini dilaksanakan serempak oleh umat muslim dari seluruh belahan dunia. Ada rukun-rukun yang wajib ditaati oleh setiap jamaah agar ibadah haji bisa sah dan diterima oleh Allah SWT.

Salah satu yang wajib ditaati adalah mengenai pakaian yang dikenakan selama berhaji. Pakaian haji laki-laki dan perempuan tidaklah sama. Ada ketentuan berbeda yang harus diketahui dan dipatuhi oleh jamaah laki-laki maupun perempuan.

Seluk Beluk Tentang Pakaian Haji Laki-Laki

pakaian haji laki laki

Sebelum berhaji Anda wajib tahu dan paham betul tentang aturan pakaian haji laki-laki ini. Tidak menggunakan pakaian seperti yang sudah disyariatkan selama melaksanakan rangkaian ibadah haji dapat menyebabkan ibadah tidak sah dan semua yang telah dilaksanakan tidak dicatat sebagai pahala ibadah haji.

Pakaian yang wajib di gunakan selama pelaksanaan haji disebut sebagai pakaian ihrom.Pakaian ihrom ini bisa didapatkan dengan mudah di berbagai tempat jual baju umroh.

Setiap laki-laki wajib meninggalkan seluruh pakaian berjahit selama melakukan ibadah haji. Pakaian ihrom untuk jamaah laki-laki ini hanya berupa 2 lembar kain yang tidak dijahit sama sekali.Pakaian ihrom ini berwarnan putih polos tanpa ada corak apapun.

Pakaian ihram laki-laki maupun perempuan wajib digunakan ketika jamaah sudah tiba di Miqat. Miqat ini merupakan perbatasan yang menandakan bahwa jamaah telah memasuki tanah suci untuk beribadah haji.

Tidak hanya berpakaian ihrom saja, ada pula beberapa peraturan mengenai larangan dan kewajiban lain yang wajib dipatuhi selama jamaah menggunakan pakaian tersebut. Setiap jamaah wajib membersihkan dan mensucikan tubuh dari najis sebelum menggunakan pakaian ihrom ini.

Adapun larangan yang harus dipatuhi selama berihrom antara lain tidak boleh bersetubuh, memotong kuku dan rambut, menikah, berkata kasar dan membunuh binatang.

Pakaian haji laki-laki ini harus digunakan sebagaimana aturan yang ada. Setiap jamaah laki-laki tidak boleh menggunakan pakaian dengan jahitan. Sebagai gantinya jamaah laki-laki bisa menggunakan kain ihrom yang sudah dipersiapkan. 2 helai kain ihrom untuk laki-laki ini dibedakan menjadi rida’ dan izar. Rida merupakan kain yang digunakan untuk menutupi tubuh bagian atas atau tepatnya bagian bahu.

Sementara itu izar merupakan helaian lainnya yang digunakan untuk menutupi tubuh bagian bawah yang pemakaiannya dengan cara dililitkan ke pinggang. Kain ihrom rida’ tidak boleh menutupi bagian kepala.Jamaah laki-laki boleh menggunakan sabuk tambahan untuk mengencangkan lilitan kain ihrom dipinggang.

Aktivitas dan tubuh yang banyak bergerak selama melaksanakan ibadah bisa membuat lilitan kain melorot sehingga penggunaan sabuk dapat membantu. Selama menggunakan pakaian ihrom ini jamaah laki-laki juga tidak diperbolehkan menggunakan pakaian dalam sehingga pastikan lilitan kencang sempurna supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selama menggunakan pakaian ihrom ini ada banyak hal yang disarankan untuk dilakukan seperti menggunakan wewangian ke tubuh maupun kain ihrom. Memang, laki-laki muslim sangat dianjurkan untuk menggunakan wewangian ketika akan beribadah menghadap Allah SWT.

Setelah menggunakan pakaian ihrom jamaah juga dianjurkan untuk melaksanakan sholat sunnah 2 rakaat. Pada sholat sunnah tersebut dianjurkan membaca surat Al-Kaafiruun setelah surat Al-Fatihah. Sementara itu pada rakaat kedua membaca surat Al-Ikhlash sesudah membaca Al-Fatihah di rakaat pertama.  Anjuran-anjuran ini bisa menambah pahala ibadah Anda dan menjadikan ibadah haji menjadi lebih maksimal.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.