Keperluan Haji Wanita Yang Bisa Anda Lengkapi Sebelum Ke Tanah Suci

Menjalankan rukun Islam, yakni pergi haji bagi yang mampu merupakan dambaan setiap umat muslim di seluruh dunia. Tidak ada satu umat muslim pun yang tidak menginginkan dirinya untuk dapat menginjakkan kaki di tanah suci Mekkah.

Setiap tahunnya selalu ada ratusan ribu calon jamaah haji yang diberangkatkan oleh biro haji yang bekerja sama dengan kementerian agama menuju tanah suci. Dikarenakan semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji, maka kuota haji menjadi membengkak.

Hal inipun berimbas pada lamanya waktu menunggu calon jamaah haji untuk dapat pergi ke tanah suci. Akan tetapi hal ini tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap berangkat ke tanah suci. Selain itu, sebelum pergi ke tanah suci untuk menjalankan ibadah haji, sebelumnya para calon jamaah haji harus menyiapkan beberapa keperluan haji yang dibutuhkan.

Ada beberapa keperluan wajib yang memang harus dipersiapkan sejak dini, terutama keperluan haji wanita yang biasanya jauh lebih banyak dibandingkan dengan laki-laki. Oleh karena itu, berikut ini adalah keperluan haji wanita yang wajib dipersiapkan sebelum berangkat ke tanah suci.

Keperluan Haji Wanita Yang Wajib Dipersiapkan

  1. Mukena
Mukena Untuk Umroh

Mukena ini akan selalu digunakan jika Anda sedang melaksanakan ibadah selama berada di tanah suci. Diusahakan mukena yang Anda bawa tidak memiliki warna yang mencolok serta corak yang terlalu menarik perhatian orang lain. Akan lebih baik jika Anda mengenakan mukena dengan warna putih polos agar tidak terlalu dominan diantara jamaah wanita yang lain.

  • Rok atau Gamis Putih

Jamaah haji wanita memang tidak memiliki kain ihram khusus seperti yang dipakai oleh jamaah laki-laki. Oleh karena itu, sebagai gantinya jamaah wanita diwajibkan untuk menggunakan rok atau gamis putih selama kegiatan ibadah sebagai ganti kain ihram tadi. Rok atau gamis putih yang dimaksud ini adalah yang tidak bermotif.

  • Kerudung
keperluan haji wanita

Kerudung merupakan keperluan haji wanita yang wajib untuk dipersiapkan. Hal ini karena terkada beberapa jamaah cenderung tidak terlalu memperhatikan jumlah dan warna kerudung yang dibawa.

Pastikan jika kerudung yang Anda bawa sesuai dengan pakaian Anda dan dalam jumlah yang secukupnya. Selain itu, jangan menggunakan warna kerudung yang terlalu mencolok. Usahakan untuk memakai kerudung dengan warna hitam atau putih.

  • Pakaian

Selain gamis putih yang digunakan selama proses ibadah, jamaah wanita juga diwajibkan untuk membawa pakaian ganti secukupnya. Pakaian ganti ini digunakan selama berada di luar proses ibadah, seperti saat jalan-jalan.

Meskipun merupakan pakaian bebas, akan tetapi Anda tetap harus memperhatikan warna dan corak dari pakaian yang Anda bawa agar tidak menjadi pusat perhatian selama berada di tanah suci. Untuk pakaian ganti ini, Anda dapat membelinya di toko perlengkapan haji dan umroh terdekat yang ada di daerah Anda.

Empat keperluan haji wanita tersebut wajib untuk dipersiapkan sebelum hari keberangkatan agar tidak ada yang tertinggal. Semua keperluan tersebut sangat mudah untuk ditemukan, beberapa toko muslim dan toko perlengkapan haji pasti menyediakan kebutuhan-kebutuhan tersebut.

Harga yang dibanderol juga bervariasi, Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kualitas bahan dari barang-barang yang Anda beli. Dalam menjalankan ibadah haji memang memerlukan persiapan yang cukup banyak. Akan tetapi hal ini tidak membuat semangat para calon jamaah menjadi menurun. Justru dengan adanya persiapan ini malah semakin memacu semangat para jamaah haji yang akan segera berangkat.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.