Syarat Ibadah Umroh Yang Wajib Diketahui

Syarat Ibadah Umroh – Selain melaksanakan ibadah haji, Anda juga bisa melaksanakan ibadah umroh. Ibadah umroh sama-sama dilakukan di Tanah Suci Mekah.

Hanya saja, untuk ibadah umroh ini dilakukan selama kurang lebih 9 hari saja. Sedangkan ibadah haji dilakukan selama 40 hari. Ada banyak keutamaan yang bisa diperoleh dengan menjalankan baik ibadah haji maupun ibadah umroh.

Alasan Melaksanakan Syarat Ibadah Umroh

Syarat Ibadah Umroh

Terdapat banyak alasan yang diungkapkan oleh banyak orang mengapa mereka memutuskan untuk melaksanakan ibadah umroh. Selain sama-sama dilakukan di Tanah Suci Mekah, ibadah umroh ini tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menunggu hingga pada hari keberangkatan. Sedangkan apabila Anda akan melaksanakan ibadah haji, maka Anda harus memakan waktu tunggu yang cukup lama baik 5 tahun bahkan lebih.

Selain itu, biaya yang akan dikeluarkan untuk beribadah haji pun akan jauh lebih besar dibandingkan dengan melaksanakan ibadah umroh. Untuk itulah ibadah umroh ini bisa Anda jalankan terlebih dahulu sambil menunggu waktu tunggu ibadah haji yang ingin Anda lakukan. Sebelum melaksanakan baik ibadah haji maupun umroh, semua calon jamaah diwajibkan untuk paham akan apa syarat ibadah yang harus dipatuhi.

Beberapa Syarat Melaksanakan Ibadah Umroh

Sejumlah syarat ibadah umroh yang harus Anda penuhi sebelumnya memang hal yang penting untuk Anda ketahui dengan baik. Bahkan tanpa paham akan syarat ibadah yang harus dijalankan, nantinya justru ibadah yang akan dilakukan terasa sia-sia. Pastinya akan sangat disayangkan bukan? Apabila harus beribadah tanpa mengetahui maknanya.

Nah, bagi Anda para calon jamaah khususnya calon jamaah yang akan melaksanakan ibadah umroh, maka Anda bisa memahami beberapa syarat ibadah umroh yang sah sebagai berikut ini:

  • Beragama Islam

Syarat ini merupakan sebuah syarat mutlak yang harus semua jamaah penuhi. Karena Anda pastinya paham apabila semua orang yang akan melaksanakan baik umroh atau haji hanyalah umat Islam yang mampu. Jadi, siapa pun yang belum memeluk agama Islam dan ikut menjalankan ibadah umroh, maka ibadah mereka tidak akan diterima oleh Allah. 

  • Berakal Sehat

Selain umat Islam yang bisa menjalankan ibadah umroh, semua jamaah pun harus berada dalam keadaan yang sehat akalnya. Meskipun beragama Islam, namun orang tersebut gila atau hilang kesadaran, maka ibadah umroh yang akan dijalankan dianggap tidak sah.

  • Memiliki Istitaah

Istitaah adalah seseorang yang memiliki beberapa kemampuan meliputi fisik yang kuat, ekonomi, dan juga keamanan. Anda harus kuat dalam artian tidak memiliki penyakit yang berbahaya karena akan menularkan kepada beberapa jamaah lain. Selain itu, Anda juga harus mampu secara finansial untuk membayar seluruh rangkaian ibadah umroh yang akan dijalankan.

  • Baligh

Baligh adalah cukup umur yang ditandai dengan sudah bekerjanya sistem reproduksi. Jamaah yang sudah baligh maka diperbolehkan untuk melaksanakan ibadah umroh.

  • Merdeka

Maksud dari merdeka adalah seseorang yang bukan seorang budak. Umrohakan dijalankan dalam beberapa waktu tertentu, maka dari itu jangan sampai meninggalkan tuannya. Jangan sampai kebutuhan dari tuannya sendiri berantakan.

Sedangkan untuk salah satu syarat ibadah umroh terakhir yang harus dilakukan adalah mempersiapkan pakaian yang akan digunakan untuk beribadah selama di Tanah Suci.

Untuk pakaian yang akan digunakan untuk beribadah ini adalah pakaian ihram. Bagi Anda yang tidak memiliki pakaian ihram, maka Anda harus segera mencari tempat jual baju ihram wanita dan pria yang sudah tersebar luas di seluruh Indonesia.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.