sabuk ihram

4 Perlengkapan Haji Pria Yang Tak Boleh Terlewatkan, Sudah Tahu?

Ada banyak sekali perlengkapan haji pria yang harus dipersiapkan. Salah satu yang perlu disiapkan adalah perlengkapan untuk menunjang kenyamanan dan kelancaran selama melaksanakan proses ibadah haji.

Seringkali karena jumlahnya yang begitu banyak, calon jamaah haji merasa kesulitan dan bingung apa saja yang harus mereka bawa atau kemas.

Bagi Anda yang hendak naik haji atau membantu mengemas perlengkapan haji bisa membuat daftar perlengkapan meliputi beberapa barang berikut.

Daftar Perlengkapan Haji Pria

Calon jamaah haji pria dapat menyiapkan perlengkapan haji meliputi kain ihram, pakaian sehari-hari, perlengkapan salat dan ibadah, serta perlengkapan tambahan. Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

  • Kain ihram

Kain ihram merupakan pakaian wajib yang harus disiapkan oleh semua calon jamaah haji pria.

Kain ihram berupa dua helai kain tanpa jahitan yang nantinya menjadi pakaian selama melaksanakan rangkaian proses haji.

Kain ihram terdiri dari izar dan rida yaitu kain untuk tubuh bagian bawah dan kain untuk tubuh bagian atas.

Izar dikenakan dengan cara menutup semua aurat pria dari atas pusar hingga bawah lutut atau atas mata kaki. Sementara itu untuk cara mengenakan rida hanya perlu diselimutkan ke badan.

Kain ihram ini adalah perlengkapan haji pria paling utama yang harus disiapkan. Ukurannya bisa disesuaikan dengan masing-masing jamaah.

  • Perlengkapan sehari-hari
sabuk ihram

Jamaah haji pria tidak menggunakan kain ihram terus menerus, tetapi hanya saat melaksanakan rukun dan wajib haji.

Selama di hotel atau penginapan, jamaah dapat menggunakan pakaian biasa.

Jadi persiapan calon jamaah haji juga meliputi perlengkapan haji pria untuk pakaian sehari-hari. Bisa siapkan dengan rincian seperti 3 buah baju koko, 3 buah celana panjang, 3 buah kaos, kain sarung, baju tidur yang nyaman, 2 buah peci, jaket, kaus kaki, dan pakaian dalam secukupnya.

Banyak yang jual baju muslim dan perlengkapan haji, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk membeli atau menyiapkan perlengkapan-perlengkapan tersebut. 

  • Perlengkapan salat dan ibadah
buku doa

Selama berada di tanah suci, jamaah disarankan bisa lebih maksimal dalam beribadah. Tidak terkecuali dalam menunaikan ibadah di luar haji yang menjadi kewajiban umat muslim seperti salat.

Untuk ibadah yang lebih nyaman dan maksimal, selain kain ihram perlengkapan haji pria yang juga perlu disiapkan antara lain adalah sajadah, Al-quran, dan buku doa atau buku manasik haji.

Perlengkapan untuk salat tersebut bisa dibawa ke tanah suci dan jumlahnya masing-masing cukup satu buah saja karena masih banyak perlengkapan yang harus dibawa.

Jamaah harus bisa memprioritaskan perlengkapan apa saja yang sebaiknya dibawa mengingat perjalanan ibadah haji yang cukup lama.

  • Perlengkapan pribadi

Perlengkapan tambahan yang perlu dibawa adalah untuk perlengkapan mandi, obat-obatan, dan perlengkapan pribadi lainnya. Kemas perlengkapan mandi seperti handuk ke dalam tas kecil.

Bagi yang sedang sakit atau dalam perawatan medis juga jangan lupa untuk membawa obat yang biasa dikonsumsi.

Sedangkan yang sehat juga bisa membawa obat-obatan ringan seperti minyak angin, parasetamol, atau obat anti mabuk perjalanan. Untuk obat-obatan sebaiknya disimpan di tempat khusus yang mudah dijangkau dan bisa masuk ke kabin pesawat.

Itulah beberapa perlengkapan yang diperlukan jamaah haji pria. Anda bisa menyiapkannya satu minggu atau lebih awal sebelum jadwal keberangkatan ke tanah suci.

Tambahan perlengkapan haji pria yang mungkin bisa dibawa lainnya adalah gunting kecil, senter kecil, dan masker. Perlengkapan yang dibawa dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda masing-masing.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.