gamis wanita

Ini Cara Mudah Memilih Baju Haji Wanita Yang Nyaman Untuk Anda

Calon jamaah haji wanita memerlukan persiapan yang matang agar dapat menunaikan ibadah haji secara khusyuk. Tidak hanya niat dan fisik yang kuat, tetapi juga persiapan untuk baju haji wanita yang nanti digunakan sesuai dengan aturan ibadah haji.

Baju haji atau biasa disebut baju ihram untuk wanita tidak ada ketentuan khusus seperti baju ihram pria.

Baju untuk wanita hanya perlu longgar dan dapat menutup aurat secara sempurna. Cara memilih baju ihram yang baik untuk jamaah wanita bisa dengan mempertimbangkan hal-hal berikut.

Cara Mudah Memilih Baju Haji Wanita

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan dalam memilih baju ihram wanita, seperti ukurannya, warnanya, bahan yang digunakan, dan modelnya.

  • Ukuran baju ihram

Kain ihram biasanya memiliki ukuran standar yaitu panjang 230 cm dan lebar 120 cm. Namun untuk baju ihram tidak terlalu banyak aturan, jamaah bisa menggunakan baju muslim seperti biasanya.

Hal yang perlu diperhatikan adalah baju haji wanita atau baju ihram dapat menutup seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan.

Jika baju yang terlalu panjang dapat menyulitkan gerakan Anda, untuk menutup bagian kaki yang termasuk aurat bisa menggunakan tambahan kaus kaki.

  • Memperhatikan bahan yang digunakan
baju haji wanita

Tidak ada aturan khusus untuk jenis bahan yang digunakan untuk pakaian ihram. Namun bahan jenis spandex atau jersey lebih disarankan karena bahan tersebut tidak mudah kusut dan kotor.

Pemilihan bahan untuk baju haji wanita ini penting dilakukan mengingat cuaca di tanah suci yang mungkin tidak terlalu nyaman untuk jamaah asal tanah air.

Pemilihan bahan akan sangat berpengaruh pada kenyamanan selama beribadah. Bahan jersey atau spandex memiliki sifat yang fleksibel dan nyaman digunakan.

Apabila ibadah haji Anda berlangsung saat musim panas sebaiknya menggunakan bahan yang mudah menyerap keringat. Sebaliknya, untuk ibadah haji di musim dingin dapat menggunakan baju haji yang lebih tebal.

  • Baju yang lebar dan longgar

Menutup aurat adalah kewajiban bagi setiap muslim, termasuk saat menjalankan ibadah haji. Selain ukuran baju yang longgar, pemilihan jenis kain juga perlu diperhatikan.

Hindari menggunakan jenis kain yang dapat menempel di badan karena bisa memperlihatkan lekuk tubuh.

Anda bisa memilih baju haji wanita yang longgar dengan kerudung lebar yang panjangnya sampai setengah badan. Sekarang ini sudah banyak yang menawarkan busana muslim lebar yang bahannya nyaman dan sesuai syariat.

  • Warna yang dipilih
baju umroh

Jamaah haji bisa menggunakan baju warna apa saja selama beribadah. Namun untuk lebih baik baju dengan warna netral sehingga tidak akan membuat Anda bingung memadukannya dengan jilbab Anda.

Ibadah pun lebih maksimal karena Anda hanya fokus dengan proses ibadah haji bukan penampilan.

Warna yang netral seperti putih juga membantu Anda lebih nyaman di tanah suci dengan cuaca yang cukup berbeda dengan di Indonesia.

  • Model baju yang sederhana

Pilih baju haji dengan model yang sederhana dan warna yang tidak mencolok. Pakaian yang sederhana adalah lebih utama untuk dikenakan selama ibadah haji.

Anda sebaiknya membeli di tempat yang jual baju muslim dengan model simpel atau polos. Pilih baju muslim atau baju haji yang tidak menggunakan terlalu bordir atau pernak-pernik baju lainnya.

Itulah beberapa tips memilih baju haji wanita yang baik. Selain itu, jamaah haji juga disarankan untuk berdandan secara sederhana juga dan tidak perlu menggunakan banyak perhiasan, cukup cincin kawin saja.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.