Baju Haji Pria

Yuk Pahami Apa Saja Perlengkapan Umroh Pria yang Wajib Dibawa

Perlengkapan Umroh Pria – Bisa pergi beribadah umroh ke tanah suci adalah salah satu impian bagi sebagian besar umat muslim.

Kesempatan untuk bisa menunaikan ibadah umroh ini bukanlah sesuatu yang mudah didapat selain karena biaya yang dibutuhkan besar juga karena jarak tempuh yang jauh dan membutuhkan kondisi fisik yang prima.

Maka dari itu jika ada kesempatan untuk berangkat ke tanah suci untuk berumroh sebaiknya lakukan persiapan yang matang supaya ibadah bisa maksimal dan memuaskan.

Persiapan yang paling utama adalah kondisi kesehatan yang fit. Lokasi yang nun jauh di sana dengan kondisi iklim yang berbeda menuntut tubuh untuk berada dalam kondisi terbaik supaya tidak ada hambatan yang dialami selama perjalanan maupun melaksanakan rangkaian ibadah.

Selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah persiapan berbagai perlengkapan yang akan dibutuhkan selama berada di tanah suci.

Perlengkapan ini bisa dibedakan menjadi perlengkapan umroh wanita dan perlengkapan umroh pria.

Meskipun ada beberapa peralatan dasar yang sama, masing-masing jamaah baik pria maupun wanita sebaiknya membuat daftar bawaan tersendiri supaya tidak ada barang penting yang tertinggal.

Daftar Perlengkapan Umroh Pria yang Wajib Ada Dalam Koper

Berbeda dengan perjalanan haji yang bisa memakan waktu hingga 40 hari, perjalanan umroh memerlukan waktu yang lebih singkat yaitu hanya sekitar 9 sampai dengan 15 hari.

Ada perjalanan umroh yang hanya fokus pada kegiatan ibadah di tanah suci dan ada pula yang dilengkapi dengan paket liburan ke beberapa negara timur tengah lainnya.

9 hingga 15 hari bukanlah waktu yang sebentar, terlebih perjalanan ini dilakukan dengan jarak yang sangat jauh sehingga setiap jamaah perlu membawa keperluan pribadi yang lengkap dan mencukupi.

Membawa perlengkapan sendiri dari rumah selain mempermudah juga dapat menghemat pengeluaran karena jamaah umroh tidak perlu membeli banyak barang pribadi selama di Mekkah ataupun Madinah.

Kali ini akan dibahas mengenai berbagai perlengkapan umroh pria. Barang-barang pria memang relatif lebih sederhana dari wanita tapi tetap saja perlu dibuat daftar supaya lebih mudah dalam pengecekannya.

Berikut ini daftar barang-barang yang perlu dipersiapkan dan dibawa di dalam koper umroh Anda yang dibagi ke dalam 3 kelompok besar:

  • Barang di dalam bagasi

Barang di dalam bagasi ini merupakan barang-barang dan perlengkapan umroh pria yang nantinya akan dibutuhkan dan digunakan setelah sampai di tujuan.

Pastikan semua barang sudah terbawa agar koper tidak dibongkar lagi setelah sampai di bandara. Perlu diperhatikan pula batas maksimal bobot bawaan, jangan sampai koper melebihi batas yang telah ditentukan oleh maskapai.

Berikut ini daftar barang-barang yang perlu dibawa di dalam bagasi:

  • Satu set kain ihram
Pakaian ihram

Dalam perjalanan umroh kain ihram untuk pria sebenarnya cukup 1 set saja tapi ada baiknya untuk membawa 1 set ekstra untuk cadangan jika seandainya kain ihram terkena najis dan sebagainya.

  • Baju ganti

Baju ganti yang dibawa harus menyesuaikan dengan musim ketika jamaah datang ke tanah suci. Pastikan untuk mengecek cuaca terlebih dulu atau menanyakan kepada pihak biro perjalanan.

Baju yang perlu dibawa meliputi atasan berupa baju koko atau kemeja, celana kain, pakaian dalam serta pakaian tidur yang nyaman.

Jumlah baju yang dibawa sebaiknya disesuaikan dengan jumlah hari selama berada di tanah suci. Jangan membawa pakaian berlebihan karena hanya akan memperberat bawaan.

  • Peralatan mandi

Peralatan mandi dan peralatan pribadi juga masuk ke dalam daftar barang yang dimasukkan dalam bagasi.

Peralatan mandi ini meliputi sabun, shampo, sikat gigi, pasta gigi dan perlengkapan lain yang biasa Anda gunakan. Masukkan peralatan-peralatan mandi tersebut ke dalam wadah yang tertutup dan lapisi lagi dengan kantong plastik.

Cara ini dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi kebocoran di dalam koper.

  • Alas kaki (sandal) dan tas untuk membungkus alas kaki selama di masjid

Selama berada di masjid, jamaah akan membutuhkan tas atau kantong plastik yang akan digunakan untuk membungkus alas kaki yang digunakan. Bawalah beberapa kantong untuk cadangan.

  • Sabuk khusus yang dilengkapi dompet

Selama menggunakan pakaian ihram kaum pria sangat membutuhkan sabuk untuk mengencangkan kain untuk penutup tubuh bagian bawah.

Pakaian ihram yang berupa kain tanpa dijahit ini tentu tidak memiliki saku untuk menyimpan barang.

Sebagai solusinya sabuk dengan kantong atau dompet bisa digunakan untuk menyimpan telepon genggam maupun uang dan identitas.

  • Kacamata hitam

Jika umroh dilaksanakan pada musim panas maka cuaca di tanah suci bisa sangat terik.

Kacamata hitam menjadi salah satu barang yang diperlukan supaya ibadah bisa terasa tetap nyaman dan mata tidak mudah lelah terkena paparan sinar matahari yang menyengat.

  • Barang yang dipakai selama perjalanan pulang maupun berangkat

Sebelum berangkat maupun sebelum melakukan perjalanan kembali ke tanah air ada beberapa barang yang perlu digunakan dan melekat pada tubuh, diantaranya adalah:

  • Tas pinggang
perlengkapan umroh pria

Jika kaum wanita umumnya menggunakan tas selempang maka pria biasanya menggunakan tas pinggang untuk menyimpang berbagai keperluan yang sekiranya dibutuhkan selama perjalanan.

Tas pinggang ini bisa digunakan untuk menyimpan berbagai barang mulai dari obat-obatan pribadi, telepon genggam,dompet serta dokumen penting seperti pasport.

Gunakan tas dengan ukuran yang tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Tas yang digunakan juga harus dilengkapi dengan resleting ataupun penutup lain untuk memastikan isi di dalam tas tidak mudah tumpah.

  • Jaket

Perjalanan udara dari tanah air menuju tanah suci dan sebaliknya memakan waktu yang tidak sebentar. Berada lama di dalam pesawat dengan pendingin udara bisa membuat tubuh merasa kedinginan.

Ada baiknya jamaah mempersiapkan jaket ataupun pakaian penghangat lain yang dapat membuat tubuh tetap nyaman selama perjalanan.

  • Kertas dan alat tulis

Perlengkapan ini akan dibutuhkan jika jamaah sudah menginjakkan kaki di luar Indonesia. Keterbatasan bahasa terkadang akan terasa cukup menyulitkan untuk berkomunikasi dengan banyak orang di tempat asing.

Kertas dan pulpen dapat membantu jamaah dalam berkomunikasi dengan petugas hotel ataupun orang lain yang dibutuhkan. Jamaah bisa menuliskan angka ataupun simbol dan kata-kata lain agar komunikasi antara 2 pihak bisa berjalan.

  • Alas kaki yang nyaman

Selanjutnya adalah alas kaki yang nyaman. Jamaah bisa menggunakan sepatu maupun sepatu sandal disesuaikan dengan selera masing-masing.

Disarankan menggunakan alas kaki yang kuat agar tidak mudah rusak selama perjalanan. Alas kaki yang rusak dalam perjalanan mungkin akan sedikit menyulitkan dan membuat jamaah harus mengeluarkan dana ekstra.

Semua barang dan perlengkapan umroh pria tadi harus dipersiapkan sebelum melakukan keberangkatan.

Jika ada beberapa barang yang perlu dibeli, Anda bisa langsung cek di toko online perlengkapanhajiumroh.id. Tersedia berbagai keperluan haji dan umroh yang sangat lengkap dengan harga terjangkau.

About the author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published.